Kisah Anjing Ashabul Kahfi, Jaga Tuan nya didepan Gua Selama 309 Tahun

 


Seekor anjing yang menyertai para pemuda Ashabul Kahfi menjadi salah satu hewan yang diabadikan dalam Al-Qur'an. Kisahnya dapat disimak dalam surah Al Kahfi.

Pemuda Ashabul Kahfi sendiri adalah kelompok pemuda taat yang dibuat Allah SWT tertidur selama 309 tahun dalam keadaan hidup di gua. Atas izin Allah SWT, anjing yang menyertai mereka pun turut tertidur di gua bersama para pemuda tersebut.

Keterangan di atas diceritakan dalam surah Al Kahfi ayat 22. Allah SWT berfirman,

سَيَقُوْلُوْنَ ثَلٰثَةٌ رَّابِعُهُمْ كَلْبُهُمْۚ وَيَقُوْلُوْنَ خَمْسَةٌ سَادِسُهُمْ كَلْبُهُمْ رَجْمًاۢ بِالْغَيْبِۚ وَيَقُوْلُوْنَ سَبْعَةٌ وَّثَامِنُهُمْ كَلْبُهُمْ ۗقُلْ رَّبِّيْٓ اَعْلَمُ بِعِدَّتِهِمْ مَّا يَعْلَمُهُمْ اِلَّا قَلِيْلٌ ەۗ فَلَا تُمَارِ فِيْهِمْ اِلَّا مِرَاۤءً ظَاهِرًا ۖوَّلَا تَسْتَفْتِ فِيْهِمْ مِّنْهُمْ اَحَدًا ࣖ

Artinya: Kelak (sebagian orang) mengatakan, "(Jumlah mereka) tiga (orang). Yang keempat adalah anjingnya." (Sebagian lain) mengatakan, "(Jumlah mereka) lima (orang). Yang keenam adalah anjingnya," sebagai terkaan terhadap yang gaib. (Sebagian lain lagi) mengatakan, "(Jumlah mereka) tujuh (orang). Yang kedelapan adalah anjingnya." Katakanlah (Nabi Muhammad), "Tuhanku lebih mengetahui jumlah mereka. Tidak ada yang mengetahui (jumlah) mereka kecuali sedikit." Oleh karena itu, janganlah engkau (Nabi Muhammad) berbantah tentang hal mereka, kecuali perbantahan yang jelas-jelas saja (ringan). Janganlah engkau minta penjelasan tentang mereka (penghuni gua itu) kepada siapa pun dari mereka (Ahlulkitab).

Anjing dan Pemuda Ashabul Kahfi di Gua
Cerita bermula ketika para pemuda Ashabul Kahfi melarikan diri dari negerinya setelah dipaksa untuk menyembah berhala oleh Raja Daqyanus. Mereka memilih untuk bersembunyi di gua untuk mempertahankan keimanan mereka.

Gua yang dipilih adalah Gua Rajib yang lokasinya berada sekitar 8 kilometer dari Amman, Yordania. Selama perjalanan menuju gua tersebut, para pemuda Ashabul Kahfi itu pun bertemu dengan seekor anjing.

Menurut Kisah-kisah dalam Al-Qur'an dari Syeikh Hamid Ahmat Ath Thahir Al Basyuni, anjing itu bernama Qathmair. Anjing itu kemudian turut mengikuti mereka bahkan hingga bersembunyi di gua.

Di gua tersebut, para pemuda dalam kisah Ashabul Kahfi bisa bebas beribadah kepada Allah sekaligus memohon perlindungan agar terhindar dari kejaran tentara Raja Daqyanus. Sementara, anjing itu bertugas menjaga para pemuda itu di luar gua.

Dijelaskan dalam Al-Qur'an, anjing yang setia itu meluruskan kedua kakinya ke depan untuk menjaga gua. Tujuannya agar orang-orang yang hendak masuk ke dalam gua merasa takut untuk masuk ke dalam.

Allah SWT berfirman dalam surah Al Kahfi ayat 18,

وَتَحْسَبُهُمْ اَيْقَاظًا وَّهُمْ رُقُوْدٌ ۖوَّنُقَلِّبُهُمْ ذَاتَ الْيَمِيْنِ وَذَاتَ الشِّمَالِ ۖوَكَلْبُهُمْ بَاسِطٌ ذِرَاعَيْهِ بِالْوَصِيْدِۗ لَوِ اطَّلَعْتَ عَلَيْهِمْ لَوَلَّيْتَ مِنْهُمْ فِرَارًا وَّلَمُلِئْتَ مِنْهُمْ رُعْبًا

Artinya: Engkau mengira mereka terjaga, padahal mereka tidur. Kami membolak-balikkan mereka ke kanan dan ke kiri, sedangkan anjing mereka membentangkan kedua kaki depannya di muka pintu gua. Seandainya menyaksikan mereka, tentu engkau akan berpaling melarikan (diri) dari mereka dan pasti akan dipenuhi rasa takut terhadap mereka.

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menyebutkan, anjing tersebut kemudian diposisikan dalam keadaan berlutut. Hewan berbulu itu pun turut tertidur di dalam gua bersama para tuannya yakni pemuda Ashabul Kahfi.

Menurutnya, kisah anjing Ashabul Kahfi ini pun diabadikan dalam Al-Qur'an sebagai penghormatan pada hewan tersebut yang telah membantu tuannya dari kejaran pasukan kejam Raja Daqyanus. Selain itu, kekuasaan Allah SWT pula yang membuat kondisi tubuh anjing itu terjaga selama 309 tahun seperti tuannya.

Wallahu'alam


Belum ada Komentar untuk "Kisah Anjing Ashabul Kahfi, Jaga Tuan nya didepan Gua Selama 309 Tahun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel