Benarkah Roh Leluhur Pulang ke Rumah Tiap Malam Jumat? Ini Kata Gus Baha

 


Sebagian umat Muslim di Indonesia meyakini bahwa ruh pulang ke rumah tiap malam Jumat. Karena itu, di sebagian wilayah, doa malam Jumat lebih intens dilakukan dibanding malam-malam lainnya.

Menanggapi fenomena ini, Gus Baha atau KH Ahmad Bahauddin Nursalim mengimbau agar umat Islam tidak terlalu berlebihan menanggapinya. Dia membahas mengenai doa yang ditujukan untuk orangtua, kakek, atau umat Islam yang telah meninggal.

Mengutip kanal YouTube kanal Sekolah Akhirat, menurut dia, ruh tidak pernah mati. Yang mati adalah jasadnya.

Lantaran ruh tidak pernah mati, maka ruh akan berhadapan dengan masalah. Salah satunya yakni bertemu dengan malaikat Munkar dan Nakir.

Karena itu, dia menganjurkan agar Umat Islam mengirimkan doa untuk orangtua, saudara, dan leluhur yang telah meninggal dunia. Kata dia, tidak ada satupun firqoh atau aliran yang mengkharamkan doa untuk orang yang telah meninggal.

Sebab, doa itu diajarkan oleh Nabi Ibrahim hingga Nabi Muhammad SAW.

"Semuanya berdoa," katanya, dikutip Kamis (28/7/2022).

Namun begitu, Gus Baha juga mengingatkan agar umat Islam tidak menanggapi pandangan bahwa ruh bisa pulang ke rumah tiap malam Jumat dengan cara berlebihan. Misalnya, dengan menyediakan rokok dan makanan, kesukaan si mayit semasa hidup.

Pasalnya, ritual semacam itu tidak ada sanad keilmuan dan tidak diajarkan. 

"Terkadang diberi gemblong, katanya kesukaan kakeknya, setelah digigit tikus, katanya kakeknya sudah pulang. itu tidak hanya terima dibid'ahkan, itu ngawur sekali," kata Gus Baha.

Belum ada Komentar untuk "Benarkah Roh Leluhur Pulang ke Rumah Tiap Malam Jumat? Ini Kata Gus Baha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel