Dirawat di RS, Kondisi Kejiwaan Ibu Eny yang Viral Kian Membaik


 Ibunda dari Tiko (23), Eny Sukaesih (59) yang diduga mengalami depresi lantaran ditinggal suaminya di rumah mewah yang terbengkalai, kini masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit, Jakarta Timur.

Berdasarkan keterangan RSKD Duren Sawit, kondisi Eny semakin membaik setelah dirawat selama 11 hari. Demikian disampaikan Direktur RSKD Duren Sawit, dr. Nikensari K, MARS.


Ia menjelaskan, bahwa kondisi Eny secara bertahap menunjukkan kondisi yang membaik. Eny dirawat semenjak dievakuasi petugas P3S Sudin Sosial Jakarta Timur pada 30 Desember 2022.

"Kondisi kesehatan pasien Eny secara fisik dan secara psikis secara bertahap sedikit demi sedikit menuju ke arah yang lebih positif, baik," kata Nikensari dalam keterangannya, Senin (9/1/2023).

Niken mengungkapkan, Eny ditangani untuk pemeriksaan jiwa dan fisik pada dua hari di rumah sakit jiwa. Lalu, lanjut Niken, sembilan hari berikutnya Eny dirawat di ruang rawat inap jiwa.

"Meski kondisi pasien Eny membaik, dia masih harus dirawat inap untuk keperluan observasi dan evaluasi yang dilakukan dokter spesialis jiwa, psikiater, dan​ psikoterapi suportif oleh tim perawatan," katanya.


Menurut Niken, perawatan yang diberikan kepada Eny berupa penangananan fase akut atau kegawatdaruratan fisik dan jiwa. Ia menuturkan, Eny juga akan menjalani pemeriksaan klinis, penunjang dan pemberian terapi medis psikofarmaka atau obat-obatan.

"Selama perawatan, pasien Eny mulai berkomunikasi pasif menanyakan anak dan almarhum suami, namun cenderung lebih banyak diam dan baru menjawab seperlunya jika ditanya," ujarnya.

Niken mengungkapkan, jajarannya menyatakan selama menjalani perawatan tersebut, Eny dapat dijenguk pihak keluarga sesuai jadwal besuk, sekaligus mengevaluasi respon keluarga sebagai pengasuh.

"Pasien boleh dijenguk sesuai jadwal dan peraturan, sekaligus mengevaluasi​ ​ respon pasien ke caregivernya (pengasuh). Putra atau keluarga," pungkasnya.

Belum ada Komentar untuk "Dirawat di RS, Kondisi Kejiwaan Ibu Eny yang Viral Kian Membaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel