Gus Baha sebut pernikahan dengan mahar seperangkat alat sholat tidak berkah: Wanita nakal aja jutaan harganya

 


KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha menyebut pernikahan dengan seperangkat alat sholat tidak berkah.

Gus Baha menjelaskan hal yang menyebabkan sebuah pernikahan tidak berkah tersebut, dalam sebuah pengajian yang diunggah kanal Youtube Kajian Islam beberapa waktu lalu.

Menurut Gus Baha, mahar dengan seperangkat alat sholat seperti tidak menghargai calon istri, sementara wanita nakal saja jutaan.

Gus Baha mengaku, dirinya sering memimpin akad nikah yang maharnya seperangkat alat sholat dengan mengatakan hal itu sebagai kriminal. Menurut saya itu agak haram. Saya kan kiai dan sering mengakadkan, sampai bosan ketika pengantin ditanyai, "maharnya apa?," ujar Gus Baha dikutip Hops.ID pada Selasa 10 Mei 2022.

Seharusnya kata Gus Baha, calon pengantin pria dapat menghargai calon istrinya. Sebab katanya, terkadang orang nakal saja harganya bisanya mencapai jutaan rupiah, namun untuk istri hanya seperangkat alat sholat.

Masak orang sholehah harganya seperangkat alat sholat untuk selamanya. Itu menghargai orang sholehah atau tidak? Tidak..!! Jadi makanya pada tidak barakah," kata Gus Baha.

Gus Baha berpendapat, memberikan mahar seperangkat alat sholat sama seperti merendahkan orang. Sebab, ada beberapa kemungkinan.

Pertama, jika calon istri tidak sholat, dengan memberi seperangkat alat sholat, berarti sama dengan mengejek dia karena tidak sholat. Kedua, jika calon istrinya adalah Ning (putri kiai), sudah jelas jika dia adalah gudangnya mukena, kok dikasih mukena lagi."

Saya sebagai kiai itu sampai bosen pada orang yang memberi mahar seperangkat alat sholat. Kecuali, jika niatnya baik seperti orientasi menikah adalah sholat," kata Gus Baha.*

Belum ada Komentar untuk "Gus Baha sebut pernikahan dengan mahar seperangkat alat sholat tidak berkah: Wanita nakal aja jutaan harganya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel