Kisah Getir Mahasiswa UNY: Berjuang Bayar Uang Kuliah hingga Akhirnya Tutup Usia

 


Yogyakarta- Kisah getir mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Nur Riska Fitri Aningsih, yang berjuang membiayai kuliah hingga akhirnya tutup usia, viral di media sosial sejak 11 Januari 2023.

Di tengah perjuangannya mendapatkan keringanan biaya uang kuliah tunggal (UKT) yang besarannya Rp 3,14 juta per semester, mahasiswa jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial UNY asal Purbalingga itu  meninggal pada 9 Maret 2022.

Sebelum kabar kematiannya diunggah akun resmi fakultasnya hampir setahun silam, Riska diketahui sudah tak kuliah beberapa waktu. Sampai akhirnya, dia diketahui sedang kritis di rumah sakit akibat penyakit hipertensi parah yang dideritanya.

Dia (Riska) mahasiswa angkatan 2020 yang selama kuliah terkendala dan tidak bisa membayar UKT," kata rekan kampus sekaligus kakak tingkat Riska, Rachmad Ganta Semendawai kepada wartawan Kamis, 12 Januari 2023.

Ganta yang juga membagikan kisah Riska melalui tautan media sosial twiternya @rgantas itu mengungkap, dari informasi yang diterimanya, Riska merupakan anak dari penjual sayur dengan gerobak di pinggiran jalan. Orang tua Riska harus menghidupi lima orang anak, yakni Riska serta keempat adiknya yang belum lulus sekolah.

Riska, ujar Ganta, diketahui menghadapi permasalahan UKT itu sejak awal kuliah. Riska sudah sempat mengajukan permohonan keringanan biaya dengan mengisi pendapatan orang tua sesuai kondisi ekonomi yang dialami. 

Namun apesnya, ujar Ganta, saat coba mengunggah berkas permohonan itu melalui ponsel pinjaman tetangganya, berkas Riska terus gagal terkirim. Hingga tiba-tiba muncul nominal UKT Rp 3,14 juta yang harus ia bayarkan tiap semesternya.

Semangat Riska di awal kuliah masih tetap terjaga manakala guru-guru sekolah hingga rekan kampusnya patungan untuk membantu membiayai semesterannya. 

Belum ada Komentar untuk "Kisah Getir Mahasiswa UNY: Berjuang Bayar Uang Kuliah hingga Akhirnya Tutup Usia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel